Pages

Rabu, 05 April 2017

Minuman Tradisional Khas Sumatra Barat

Minuman Khas Sumatera Barat – Kebanyakan masyarakat Indonesia hanya mengenal kuliner dari sumatera barat (Sumbar) hanya sebatas makanan utama saja. Padahal Sumbar juga memiliki minuman khas yang sedap dan segar. Berikut adalah sejumlah minuman khas yang dapat anda jumpai di sumatera barat :

1.  Minuman Khas Sumatera Barat – Teh Talua

Minuman Khas Sumatera Barat - Teh Talua
Minuman Khas Sumatera Barat | Teh Talua
Teh Talua atau Teh Telur telah menjadi minuman favorit bagi masyarakat Sumbar. Menu minuman tradisional yang satu ini hampir selalu ada di setiap warung makanan bahkan di restoran Padang. Minuman ini terbuat dari campuran teh dengan telur. Untuk membuatnya pun cukup mudah. Bahan yang diperlukan diantaranya serbuk teh, telur, gula, dan jeruk nipis. Telur yang digunakan bisa telur itik atau telur ayam kampung. Langkah pertama untuk membuat minuman ini adalah mengocok telur dengan campuran gula sampai mengembang. Selanjutnya tambahkan seduhan air teh yang panas. Dan Teh telur pun telah siap dihidangkan. Untuk menambah aroma yang menyegarkan, bisa ditambahkan pula sedikit perasan air jeruk nipis.

2.  Minuman Khas Sumatera Barat –  Ampiang Dadiah

Minuman Khas Sumatera Barat - Ampiang Dadiah
Minuman Khas Sumatera Barat | Ampiang Dadiah
Ampiang dadih atau ampiang dadiah adalah yoghurt tradisional khas dari sumatera barat. Minuman ini terbuat dari susu kerbau yang difermentasi. Yang menjadikan makanan ini unik dan khas ialah pada penggunaan susu kerbau sebagai bahan baku dadih. Untuk pembuatan dadih dibutuhkan susu kerbau murni. Susu tersebut disimpan dalam buluh bambu, lalu ditutup dengan daun pisang, dan didiamkan selama 2 hari pada suhu ruangan. Dadih yang dihasilkan berbentuk gumpalan semi padat seperti tahu putih dengan tekstur lembut dan memiliki aroma serta citarasa khas, kombinasi aroma bambu dan susu.

3.  Minuman Khas Sumatera Barat – Kawa Daun

Minuman Khas Sumatera Barat - Kawa Daun
Minuman Khas Sumatera Barat | Kawa Daun
Kawa Daun merupakan minuman yang terbuat dari seduhann daun kopi yang dibuat seperti teh. Konon mulanya aia kawa ini muncul karena pada zaman penjajahan Belanda masyarakat pribumi dilarang meminum kopi. Pada saat itu, semua penduduk dipaksa menanam biji kopi untuk kepentingan Belanda, namun mereka dilarang menikmati biji kopi yang mereka tanam. Sehingga penduduk mengakalinya dengan memakai dedaunan kopi untuk membuat minuman, karena mereka percaya daun kopi masih mengandung kafein. Pada penyajiannya saat itu tidak menggunakan gelas, tapi menggunakan belahan tempurung kelapa dan diberi tatakan dari bambu.
Untuk meracik minuman ini, pertama daun kopi lokal dipilih lalu dikeringkan dengan disangrai sekitar 12 jam dan kemudian diseduh sama seperti teh. Ketika hendak minum, terlebih dahulu daun dicampur dengan air dingin dan kemudian baru disiram dengan air panas. Bisa ditambahkan gula maupun tidak. Lebih sedap lagi ditemani berbagai penganan kecil

4.  Minuman Khas Sumatera Barat – Aia Aka

Minuman Khas Sumatera Barat - Aia Aka
Minuman Khas Sumatera Barat | Aia Aka
Minuman khas Padang ini merupakan minuman yang terbuat dari daun Cincau Hijau (Cylea Barbata Myers). Nama lain dari Aia Aka ini adalah Aie Kacang. Bentuk minuman ini seperti cendol, dan mirip seperti agar-agar karena dari bahan dasar Cincau Hijau yang teksturnya kenyal-kenyal menggoda dan lembut dilidah. Cincau yang dipakai adalah cincau alami yang diracik dari daun cincau secara tradisional. Oleh sebab itu cincau tersebut berwarna hijau mengkilat. Beda dari cincau-cincau kebanyakan yang berwarna hitam. Biasanya Aia Aka disajikan dengan air santan manis atau air jeruk nipis.

5.  Minuman Khas Sumatera Barat – Jus Pinang

Minuman Khas Sumatera Barat - Jus Pinang
Minuman Khas Sumatera Barat | Jus Pinang
Minuman ini merupakan minuman jus yang cukup terkenal bagi masyarakat di Sumbar. Jus terbuat dari buah pinang yang kaya akan khasiat untuk kesehatan dan menambah stamina anda. Pinang yang digunakan adalah dari buah pinang yang masih  muda. Ada juga variasi baru jus ini dengan menambahkan telor serta ramuan lainnya khas Sumatera Barat.

6.  Minuman Khas Sumatera Barat – Es Tebak

Minuman Khas Sumatera Barat - Es Tebak
Minuman Khas Sumatera Barat | Es Tebak
Minuman es tebak ini merupakan minuman khas dari Kota Padang sebagai hidangan penutup. Isi dari es tebak terdiri dari cincau hitam, kolang-kaling, tape ketan hitam, serta tebak yang merupakan sebuah adonan yang dibuat dari tepung sagu dan tepung beras ketan yang dimasak dengan kapur sirih dan air garam. kemudian adonan tersebut dicetak seperti cendol. Es tebak disajikan juga dengan sirup merah, susu kental manis dan es serut yang menjadikan minuman ini lebih segar.

7.  Minuman Khas Sumatara Barat – Es Durian

Minuman Khas Sumatara Barat - Es Durian
Minuman Khas Sumatara Barat | Es Durian
Es durian adalah durian yang ditambah dengan es serut. Aslinya adalah satu gelas yang berisi daging durian (tanpa biji) yang ditambah dengan serutan es (disebut es durian tok), tetapi sekarang sudah banyak varian menu, ada yang memakai tambahan cincau, delima, susu coklat manis, dan sebagainya. Sangat cocok sekali sajian es durian yang segar dikota Padang karena cuaca di Kota ini panas. Sebagai pelengkapnya dan pemanisnya, diatas es serut tadi juga ditambahkan sedikit susu coklat kental manis.

0 komentar:

Posting Komentar